Babe

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Bentuk Serta Jenis Gitar Akustik

Share it Please
Anatomi gitar akustik

Ukuran dan bentuk body gitar akustik


Bracing gitar akustik


Sepengetahuan saya (yg masih sangat minim), gitar akustik ini pada umumnya bisa dibagi ke tiga kategori menurut konstruksinya yaitu:

- All Laminated
- Laminated with Solid Top
- All Solid (Top, Back, Side Solid)


Kalo yang all laminated dari dulu mungkin udah beredar banyak ya, baik yg merek luar maupun lokal. Yang merek luar yg merajai pasar itu Yamaha, kalo lokalnya macem2, ada Arista, Genta, Allegro dll.. Maksutnya laminated itu bahan gitarnya terbuat dari kayu ply alias triplek CMIIW. Kebanyakan gitar jenis ini belum memakai trussrod, jadi kalo necknya bengkok ya nasib..



Di pasaran sekarang banyak beredar gitar akustik yg topnya solid, bodynya laminated, contohnya merk2 kayak Yamaha, Cort, Fender, Takamine (low end), Nohman, dll dengan harga yang lumayan terjangkau. Biasanya udah memakai trussrod, udah gitu terpasang preamp lagi.


Yang berikutnya yg all solid. Untuk merk luar pasti udah pada tau ya merk2 semacam C.F. Martin, Taylor, Takamine, dan merk2 luar lainnya. Merk2 itu juga ngeluarin versi low end dimana bodynya laminated tapi topnya solid. Jangan salah produsen lokal kita juga udah banyak yg produksi gitar akustik all solid, contohnya ada Secco, dan beberapa luthier bagus yg ga produksi secara massal. Range harga gitar semacam ini so pasti jauh diatas gitar2 akustik laminated, tapi apakah sudah pasti sound & playabilitynya jauh diatas yang laminated???

0 komentar:

Post a Comment