Babe

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Momen Indah Rossi Di Sirkuit Assen

Share it Please
 
Masih ingatkah anda pada foto di atas ?
Di sirkuit Assen Rossi tersebutlah Rossi merayakan kemenangan ke 100 nya.

Keangkeran sirkuit Assen memang sudah sangat terkenal, dengan karakteristik trek yang sempit juga terdapat tikungan menukik yang dibutuhkan kecepatan tinggi. Tikungan di Assen juga bersifat sangat cepat berubah arah.

Sirkuit ini memiliki panjang 4.542 meter dengan lebar 14 meter. Memiliki tikungan kiri sebanyak 6 dan kanan sebanyak 12 tikungan yang berarti sangat menguras energi para rider termasuk Valentino Rossi sendiri.

Salah satu Rider MotoGP yang sudah sangat kita kenal yaitu Valentino Rossi mempunyai catatan manis serta pahit disini. Dia menjadi jawara di Assen sejak tahun 2001 hingga 2009 yang menjadikan dirinya termasuk rider yang sangat disegani oleh rider lain. Walaupun sejak tahun 2010 dia sangat minim prestasi atau bisa dibilang puasa juara, tapi dengan tes di sirkuit aragon yang lalu serta komentarnya tentang motor yang ditungganginya, sangat di harapkan The Doctor mampu memberikan penampilan terbaik yang sangat ditunggu oleh penggemar fanatiknya.

Masalah pengereman yang dirasakan rossi selama ini dapat teratasi dengan baik setelah melakoni tes di aragon yang berarti dia sangat gembira serta motornya dapat melakukan pengereman dengan baik tanpa ada ragu saat akan memasuki tikungan.
Di Assen Rossi mampu mencatatatkan menjadi jawara sebanyak 5 kali, podium sebanyak 7 kali dan menempati pole position sebanyak 4 kali.

Rossi memulai debut MotoGPnya di Assen pada tahun 2000 dan finish di urutan ke 6, dan pada tahun selanjutnya ia mampu meraih podium dengan finish di posisi 2. Pada tahun 2003 dia meraih pole pertamanya di Assen dan berhasil menjadi juara untuk pertama kalinya di sirkuit tersebut. Tapi pada tahun 2004 ia hanya mampu finish di urutan ke 3.

Pada tahun 2004 dan 2005 dia menjadi juara bertahan. Tapi pada seri selanjutnya entah mengapa dia hanya mampu finish ke 8. Dan untuk yang terakhir kalinya yaitu pada tahun 2007 dan 2009 dia menjuarai seri Assen dengan sangat memuaskan.


Sirkuit ini pula yang menjadi saksi saat The Doctor mampu meraih kemenangan yang ke 100 kalinya. Begitu sangat istimewanya sirkuit ini bagi Valentino rossi. Itulah momen yang paling indah ketika menyaksikan sang juara membentangkan foto-foto kemenangan dirinya sebnayk 100 kali.

Dan keterpurukan Rossi di mulai pada tahun 2010 saat ia tak bisa ikut race karena cidera yang dialaminya pada saat latihan bebas di mugello yang memaksanya absen beberapa minggu lamanya. Dan tahun demi tahun ia hanya mampu finish di urutan ke 4 dan ke 13.


Assen adalah satu-satunya sirkuit yang digunakan untuk MotoGP setiap tahun sejak pertama kali dibangun pada tahun 1949. Sirkuit ini dibangun untuk tujuan TT Belanda tahun 1954, yang sebelumnya telah diadakan di jalan umum. Trek sempit, dengan perubahan arah  yang cepat, dan sepenuhnya dikelilingi oleh bank rumput dan tribun, memberikan tampilan yang sangat baik bagi ratusan ribu penonton fanatik yang tertarik ke acara paling bergengsi di Belanda motorsport setiap tahun. Assen juga terkenal karena suasana yang meriah dan mewah nya. Pada tahun 1999 sirkuit itu diubah dengan tribun baru, menara kontrol, pusat pers dan kotak direnovasi.

Siaran langsung MotoGP akan ditayangkan di Trans7 pada tanggal 29 Juni 2013 jam 20.00 WIB.

0 komentar:

Post a Comment